#

Wabup Bagus Santoso Buka Kegiatan Rembuk Stunting

#Administrator 30 Mei 2023
0 Comments 315 Views

BENGKALIS – Wakil Bupati Bengkalis H. Bagus Santoso membuka secara resmi acara Rembuk Stunting Kabupaten Bengkalis Tahun 2023, di Ruang Dang Merdu Lantai IV Kantor Bupati Bengkalis, Selasa (30/5).

Dalam sambutannya, Bagus Santoso menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Bengkalis memiliki komitmen tinggi dalam percepatan penurunan stunting ini, hal tersebut terbukti dari capaian prevalensi stunting Kabupaten Bengkalis, dari sebelumnya 21,9% ditahun 2021, menjadi 8,4% pada akhir tahun 2022, dan terendah di Provinsi Riau.

“Semua ini tentunya berkat kerja keras, kerja cerdas dan kerja berkualitas semua pihak. Untuk itu kami berharap kinerja seperti ini dapat terus ditingkatkan, agar ditahun 2024 kita bisa mencapai Zero Stunting, melalui berbagai upaya dan strategi dengan memperkuat peran TPPS kecamatan dan desa serta kelurahan,” ujar Wabup.

Kemudian sambungnya lagi, langkah penanganan stunting ini sifatnya segera, karena jika tidak segera mengambil langkah antisipatif secara masif, terarah dan terukur, tentunya akan berdampak jangka panjang dan taruhannya terlalu besar bagi generasi masa depan.

“Dalam penanganan stunting ini keterlibatan banyak pihak harus kita perkuat. Artinya, pengentasan stunting harus dilakukan secara terpadu serta butuh komitmen kuat dari semua stakeholder. Tidak hanya menjadi tugas instansi leader, akan tapi butuh keterlibatan semua pihak yang ada di negeri ini. Karena tanpa komitmen dan kemauan yang kuat untuk menyelamatkan generasi bangsa ini dari ancaman stunting, maka upaya kita untuk mewujudkan Kabupaten Bengkalis Bermasa, juga akan menjadi sia-sia,” ujar Wabup lagi.

Oleh karenanya sambung wabup, dalam kesempatan ini, kepada semua pihak agar bisa membangun sinergi, baik itu masyarakat, swasta, organisasi non pemerintah, dunia usaha, dunia kerja, perguruan tinggi, serta pihak-pihak lainnya untuk terus melakukan percepatan penurunan stunting secara konvergensi, agar kita tetap bisa membangun generasi masa depan, menjadi generasi yang unggul, berdaya saing, dan berkualitas.

Walaupun capaian angka prevalensi stunting sudah rendah dibawah target nasional dan provinsi kata wabup, namun hal itu jangan pernah membuat lengah, intervensi program dan kegiatan harus tetap dijalankan secara berkelanjutan sampai ke kelompok terkecil di masyarakat yakni keluarga, intervensi sensitif dan intervensi spesifik harus terus dilaksanakan serta harus dipastikan tepat pada sasaran.

“Terus lakukan pemetaan program dan kegiatan yang telah dituangkan pada dokumen perencanaan anggaran daerah, petakan cakupan layanan mana saja yang masih rendah, jangan abaikan dokumentasi dan pelaporan, terus berinovasi dalam melakukan pelayanan sehingga dapat menjadi dasar perbaikan intervensi percepatan penurunan stunting selanjutnya,” pungkas Wabup.

Wabup juga meminta kepada Camat, Lurah dan Kepala Desa untuk memanfaatkan anggaran Bantuan Keuangan Khusus Bermasa secara baik dan tepat sasaran salah satunya untuk kegiatan penanganan stunting.

Melalui rembuk stunting ini Wabup berharap, seluruh stakeholder nantinya dapat menyamakan persepsi, membuat rencana kerja serta rencana aksi yang lebih cepat, tepat, terarah dan terukur dalam upaya penurunan angka stunting di Kabupaten Bengkalis.

“Terima kasih kepada Forkopimda yang selama ini telah memberikan dukungan penuh dalam penanganan stunting di Kabupaten Bengkalis, wabil khusus buat Dandim dan Ketua Persit Kodim 0303 Bengkalis, Kejaksaan Tinggi Negeri yang telah menjadi orang tua asuh anak stunting,” ucap wabup.

Usai Sambutan dilanjutkan dengan penandatangan lampiran berita acara Rembuk Stunting Kabupaten Bengkalis Tahun 2023 dan penandatangan Komitmen Bersama menuju Bengkalis Zero Stunting, Bengkalis Bermasa.

Turut hadir pada acara tersebut Ketua Pokja Provinsi Riau Supriadi, Dinkes Provinsi Riau Zaidan Abidin, Hakim Kantor Pengadilan Agama Bengkalis Rhezza Pahlawi.S.Sy, Pengadilan Negeri Bengkalis di wakili Herdianto, Kasat Bimas Polres Bengkalis IPTU Ismanto Wibowo, Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0303/Bengkalis Mayor Arh Sudiyono, Plt. Ketua Darma Wanita Persatuan (DWP) Bengkalis Ira Vendriyani Ersan Saputra, Camat Bengkalis Taufik dan tamu Undangan lainnya.***

Leave Comments